November 22, 2018

[Review] Produk Makeup yang Cocok untuk Wanita Kulit Tropis dari Ristra


Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia memang penuh dengan tantangan. Setiap harinya kita diperhadapkan dengan intensitas matahari yang tinggi, udara yang panas dan lembab, serta debu dan polusi yang tinggi. Maka dari itu, kita sebagai wanita Indonesia sangat perlu perawatan ekstra dalam menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik. Tidak hanya pertimbangan dalam memilih produk skincare saja, tetapi juga makeup yang tepat untuk digunakan di iklim yang tropis ini.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk makeup yang tepat untuk digunakan di iklim yang tropis, yaitu:
1. Adanya kandungan UV protection agar kulit tetap terlindungi sepanjang hari.
2. Dilengkapi dengan antioksidan agar dapat menjaga tingkat kolagen pada kulit.
3. Bertekstur ringan agar tidak "memberatkan" kulit di tengah cuaca yang panas.


Ristra Cosmetodermatology sebagai tropical skin expert selalu memastikan bahwa produk-produknya memiliki formula pH balanced (4.5-5.5), teruji secara dermatologi, dan diformulasikan sesuai dengan kebutuhan kulit di iklim tropis, sehingga membuat kulit tetap cantik dan sehat sesuai dengan motto Ristra yaitu "Cantik Kini Hingga Nanti".

Produk-produk Ristra Cosmetodermatology terdiri dari acnecare, basic skincare, sensitive skincare, antiaging, protector, makeup decorative, dan haircare. Namun, yang akan aku bahas dalam postingan blog kali ini adalah produk makeup decorative dari Ristra Cosmetodermatology antara lain Fluid Moisturizing Foundation, Triple Action Compact Powder dan Finishing Powder  dari seri Platinum Decorative serta Colorline Lipstick dari seri Classic Decorative.


Platinum Decorative


Produk Ristra Cosmetodermatology dari seri Platinum Decorative adalah produk-produk yang lebih high end atau eksklusif daripada seri Classic Decorative serta memiliki kemampuan spreading dan coverage yang lebih baik. Terdiri dari 3 jenis produk, yaitu Fluid Moisturizing Foundation, Triple Action Compact Powder dan Finishing Powder. Semua produk Platinum Decorative dari Ristra Cosmetodermatology dilengkapi dengan UV protection dan vitamin E sebagai antioksidan, memiliki formula yang ringan di kulit, serta teruji secara dermatologi. Produk-produk tersebut juga tersedia dalam 3 pilihan warna yang sesuai dengan wanita kulit tropis.


Fluid Moisturizing Foundation
Rp 187.000,- (30 ml)



Ristra Fluid Moisturizing Foundation dikemas dalam botol kaca bening dan dilengkapi dengan pump. Meskipun pump nya tidak memiliki tutup, tapi dapat di-lock sehingga tidak perlu takut produk akan bocor. Semua informasi produk, seperti ingredients, manfaat, tanggal kadaluarsa, dan berat bersih tertera di botol maupun box nya. Namun, aku tidak melihat adanya keterangan mengenai shade dari foundation ini baik di botol ataupun box nya. Entah label dari shade nya terlepas atau bagaimana aku tidak tahu.


Tekstur dari foundation ini agak cair. Jadi untuk yang mengaplikasikan foundation ini dengan spons, tidak perlu terlalu membasahi spons nya karena foundation ini sendiri sudah water based. Kebetulan warna foundation yang aku pakai ternyata kurang cocok dengan warna kulitku karena terlalu kekuningan. Namun, warna foundation yang seperti itu cocok untuk warna kulit wanita Indonesia pada umumnya. Terlepas dari masalah warna, aku suka dengan foundation ini karena formulanya ringan banget saat diaplikasikan di kulit. Hasilnya adalah medium coverage dengan matte finish.


Triple Action Compact Powder
Rp 197.000,- (14 g)




Packaging dari Ristra Triple Action Compact Powder ini sangat elegan dan minimalis, yaitu berwarna silver dengan tulisan warna hitam. Di balik kemasannya aku bisa melihat dengan jelas warna shade nya, yaitu nomor 3 Natural Honey Beige. Compact powder ini sudah dilengkapi dengan spons dan cermin sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.


Warna compact powder ini lebih cocok di kulitku dibandingkan warna Ristra Fluid Moisturizing Foundation tadi. Jadi setelah menggunakan foundation, aku tambahkan compact powder ini dengan brush supaya warnanya lebih masuk di kulitku. Selain itu, hasilnya juga lebih full coverage.

Kalau aku pakai compact powder ini tanpa menggunakan foundation terlebih dahulu atau dipakai untuk touch up, aku mengaplikasikannya dengan spons yang sudah tersedia. Kulit menjadi lebih halus dan warna kulit menjadi lebih rata setelah pakai compact powder ini.


Finishing Powder
Rp 147.000,- (40 g)




Ristra Finishing Powder ini memiliki butiran-butiran yang halus dan sesuai namanya cocok untuk dijadikan finishing powder setelah menggunakan foundation. Untuk pemilik jenis kulit cenderung berminyak seperti aku wajib banget memakai finishing powder setelah mengaplikasikan foundation agar hasilnya lebih tahan lama serta mengurangi produksi minyak di kulit. Ristra Finishing Powder terdiri dari 3 pilihan warna, yaitu Ivory, Soft Honey Beige, dan Natural Honey Beige. Warna yang aku punya yaitu Ivory.

Classic Decorative




Colorline Lipstick
Rp 42.500,- / pc

Kiri-kanan: Peach Parfait, Ice Cocoa, Tea Rose

Ristra Colorline Lipstick merupakan salah satu produk dari seri Classic Decorative yang hadir dalam 10 variasi warna yang cocok dengan wanita kulit tropis. Aku memiliki 3 warna diantaranya, yaitu Peach Parfait, Ice Cocoa, dan Tea Rose.


Tekstur dari Ristra Colorline Lipstick lebih ke arah satin, sehingga tidak terlalu matte tapi juga tidak glossy. Lipstick ini mengandung antioksidan dari vitamin A dan E serta Castor Oil yang merawat dan melembabkan bibir. Begitu diaplikasikan ke bibir, lipstick ini terasa lembut dan warnanya pun sangat pigmented. Warna-warna yang aku swatch di tangan hanya aku pakai 2-3 layer saja. Selain itu, warnanya juga tahan lama di bibir. 

Overall Review
Aku suka dengan produk makeup dari Ristra Cosmetodermatology karena produk-produknya sudah teruji secara dermatologi sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, memiliki kandungan antioksidan dan UV protection yang memang diperlukan oleh wanita kulit tropis, memiliki formula yang ringan di kulit, serta harganya cukup terjangkau.

Kalian sudah pernah mencoba produk Ristra Cosmetodermatology? Apa produk favorit kalian?


RISTRA

Website: www.ristra.co.id
Instagram: @ristra.id
Facebook: Ristra ID



LOVE,

Yenni Tanoyo


No comments:

Post a Comment