September 12, 2016

Scalp Rejuvenating Ritual by Kerastase - Irwan Team Hairdesign


Rambut merupakan salah satu aset berharga bagi kaum hawa, sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan, "Rambut adalah mahkota wanita". Untuk itu, mempercantik diri dengan memperhatikan keindahan dan kesehatan rambut adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap wanita. Hal ini juga penting karena keindahan rambut berpengaruh besar terhadap kecantikan wanita secara keseluruhan.

Hitam, lebat, dan sehat. Itulah kata-kata yang sering terucap oleh hampir semua hairstylist yang pernah memotong rambutku atau menanganinya saat di-creambath dan disanggul. Ya, seumur-umur aku ke salon hanya untuk memotong rambut, creambath ataupun disanggul saat ada acara-acara penting. Tidak pernah diwarnai dan sangat jarang dicatok. Bahkan, bentuk rambutku pun selalu sama sejak kelas 1 SD dengan poni lempar atau poni menyamping! Terdengar aneh? Tapi ya begitulah caraku merawat keindahan rambutku.

Biarpun dari luar kelihatannya selalu sehat, rambutku pun pernah mengalami masalah-masalah, seperti berketombe saat tidak cocok dengan sebuah shampoo, rambut bercabang, serta kerontokan rambut. Namun, dengan perawatan yang tepat secara rutin, aku dapat mengatasi masalah-masalah tersebut, kecuali untuk masalah kerontokan. Rasanya sangat sulit apabila memiliki rambut panjang tetapi tidak rontok. Yang ada, kita hanya bisa berusaha mengurangi jumlah kerontokan rambut tersebut, bukan?

Belakangan ini, aku sedang mengalami yang namanya gatal-gatal pada kulit kepalaku, sampai-sampai aku harus keramas setiap hari dari yang biasanya hanya dua hari sekali. Akan tetapi, setelah keramas pun terkadang masih suka terasa gatal. Hal ini sangat jarang sekali terjadi. Aku berasumsi kalau hal ini disebabkan karena cuaca di Jakarta yang sangat panas terik di siang hari. Selain itu, kondisi yang ada terkadang mengharuskan aku untuk naik motor (gojek/uber motor) saat bepergian, sehingga pada akhirnya aku menggunakan helm bekas orang lain. Untuk itu, aku mencoba untuk mencari tahu permasalahan rambutku di Irwan Team Hairdesign yang merupakan salah satu salon terbaik di Jakarta.


Aku mendatangi Irwan Team Hairdesign di Lippo Mall Puri beberapa hari yang lalu. Salon ini masih termasuk baru di sana karena baru resmi dibuka pada tanggal 30 Juli 2016. Letaknya sendiri berada di Lower Ground Lippo Mall Puri dan agak tersembunyi di sisi kiri. Dengan luas yang cukup besar, salon ini dapat menampung 25-30 orang sekaligus.




Untuk mengatasi permasalahan kulit kepalaku yang gatal, aku mencoba Kerastase Ritual yang merupakan salah satu service andalan Irwan Team Hairdesign, selain hair cut dan hair styling nya. Semua treatment dari Kerastase Ritual dilakukan di lantai 2, sementara lantai 1 hanya untuk treatment umum lainnya, seperti hair cut, hair spa, hair coloring, dan lain-lain. Jika lantai 1 dapat menampung cukup banyak orang, maka tidak demikian untuk lantai 2 yang hanya dapat menampung 6 orang saja untuk melakukan Kerastase Ritual. Selain itu, di lantai 2 ini suasananya lebih nyaman dan tenang.






Kerastase Ritual sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu Hair & Scalp Ritual, Scalp Ritual, dan Hair Masque Ritual, di mana masing-masing jenis tersedia dalam berbagai treatment yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta dapat dinikmati secara single maupun combination treatment.


Sebelum menentukan treatment mana yang sebaiknya dipilih, kulit kepala kita akan dicek terlebih dahulu dengan sebuah alat yang dapat mendeteksi permasalahan yang ada, baik di kulit kepala maupun batang rambut.




Hasil yang tertera pada alat tersebut menunjukkan bahwa kulit kepalaku sensitif karena terdapat kemerahan dan sedikit sebum yang akhirnya menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Untuk itu, aku memilih Scalp Rejuvenating Ritual yang dapat mengembalikan keseimbangan kulit kepala karena berminyak dan sensitif.



Pertama-tama, aku mengganti baju terlebih dahulu di ruangan yang telah disediakan. Di dalam ruangan tersebut terdapat 6 loker untuk menyimpan baju dan sepatu karena kita akan menggunakan kemben, kimono, dan sendal khusus selama treatment. Setelah itu, aku ditawari untuk memilih minuman yang aku inginkan sambil menunggu treatment dimulai. Aku pun memilih hot tea.




Mas Asep, terapis yang akan menangani keseluruhan dari Scalp Rejuvenating Ritual ku pun mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Ia juga menunjukkan produk Kerastase yang akan digunakan dalam treatment ini, yaitu Kerastase Specifique Peeling Purifiant. Produk ini berfungsi untuk deep cleansing, mengurangi kadar minyak di kulit kepala, serta mengurangi ketombe. Setelah itu, produk tersebut langsung diaplikasikan ke kulit kepalaku dalam kondisi kering secara menyeluruh, sambil sesekali ia menyemprotkan air ke kulit kepala hingga berbusa seperti sedang pakai shampoo.




Supaya produk Kerastase yang telah diaplikasikan ke kulit kepala dapat menyerap secara sempurna, kulit kepalaku dipijat-pijat secara manual dan dilanjutkan dengan alat yang menyerupai sisir besar yang dapat bergetar. Rasanya enak sekali dan bikin kepala menjadi lebih rileks. Setelah itu, rambutku didiamkan selama 15-20 menit.


Tak lama kemudian, terapis lainnya datang untuk memberikan treatment berupa hot stone oil massage untuk kaki. Lalu, kita dapat memilih aromatic massage oil yang akan digunakan. Aku memilih fragipani yang berfungsi untuk rejuvenating sesuai dengan rekomendasi dari Mas Asep. 

Ini adalah pertama kalinya aku mencoba hot stone oil massage dan sangat ketagihan dengan sensasi hangat yang ditimbulkan. Batu yang digunakan untuk hot stone oil massage pun bukanlah sembarangan batu, melainkan batu yang berasal dari pegunungan yang dapat membuat otot-otot kembali rileks, sehingga stress yang dialami bisa hilang.





Setelah kaki selesai dipijat, barulah Mas Asep memberikan hot stone oil massage untuk punggungku selama kurang lebih 5 menit.


Rambutku pun di-steam selama kurang lebih 15 menit setelah didiamkan tadi. Menurutku, hair steamer di sini cukup unik dan berbeda dengan hair steamer di salon-salon lain yang biasa aku kunjungi karena panasnya dialirkan melalui semacam handuk besar yang pada bagian ujungnya terdapat karet untuk dikencangkan sesuai ukuran kepala kita. Hair steamer ini dinamakan Micro Mist.

Keunggulan Micro Mist dibandingkan dengan hair steamer biasa yaitu Micro Mist menggunakan vibrasi ultrasonic yang dapat menembus ke dalam folikel rambut dengan lebih baik daripada hair steamer pada umumnya. Terlebih lagi, panas yang dihasilkan kurang dari 100 derajat sehingga sangat aman untuk rambut, bahkan dapat memperbaiki dan memperbaharui kilau dan kuat rambut, khususnya untuk rambut yang kering atau rusak.






Selama rambutku di-steam, Mas Asep juga memberikan hand massage. Pokoknya dalam Kerastase Ritual ini, tidak hanya rambut saja yang mendapatkan perawatan, tetapi seluruh tubuh kita juga dimanjakan dengan pijatan-pijatan yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Pas banget buat yang sedang mengalami penat dan lelah karena rutinitas sehari-hari.


Sampai juga di akhir rangkaian dari Kerastase Ritual, yaitu mencuci rambut dengan Kerastase Specifique Bain Divalent Balancing Shampoo dan Kerastase Nutritive Lait Vital Conditioner yang menyesuaikan dengan kondisi kulit kepalaku. Mas Asep mengatakan bahwa supaya permasalahan rambut yang ada dapat teratasi dengan cepat, maka harus dibantu dengan perawatan dari shampoo dan conditioner Kerastase di rumah. Namun, untuk permasalahan rambut yang tidak terlalu parah, maka dalam sekali treatment di salon pun sudah terlihat hasilnya. Untuk kasus yang lebih parah, bisa sampai 5 kali treatment di salon baru terlihat hasilnya.


Satu hal lagi yang aku suka dari Irwan Team Hair Design, mereka mendesain kursi tempat cuci rambutnya dengan dilengkapi alat pemijat punggung, sehingga saat dikeramas pun, punggung kita tetap dipijat-pijat sehingga terasa semakin rileks. 



Selesai mencuci rambut, aku pun berganti pakaian kembali lalu turun ke lantai 1 untuk blow-dry. Aku memilih blow masuk biasa dan sangat suka dengan hasilnya. Rambutku semakin terlihat bervolume. Selain itu, rambutku juga diberi Mythic Oil L'Oréal setelah selesai di-blow. Serum rambut ini merupakan kombinasi spesial dari buah alpukat dan biji buah anggur yang dapat memberikan nutrisi bagi rambut dan menjadikannya sehat dan indah berkilau. 






pricelist irwan team



Setelah melakukan treatment Scalp Rejuvenating Ritual dari Kerastase di Irwan Team Hairdesign, aku mencoba untuk tidak keramas selama 2 hari. Dan ternyata, rambutku yang tadinya gatal kalau tidak keramas setiap hari, sekarang menjadi tidak gatal lagi seusai treatment. Keesokan harinya pun aku mencoba begitu lagi, tetapi ada sedikit rasa gatal yang kadang aku rasakan pada kulit kepalaku. Namun, rasa gatal tersebut memang berkurang jauh dibandingkan sebelum aku melakukan treatment. So, buat kalian yang mengalami permasalahan serupa dengan kulit kepala kalian, aku sangat merekomendasikan Kerastase Ritual ini. Bahkan, aku pun berencana untuk mengambil treatment ini lagi di waktu yang akan datang.

Terima kasih Clozette Indonesia dan Irwan Team Hairdesign untuk pengalaman 90 menit yang menyenangkan ini!





LOVE,

Yenni Tanoyo

1 comment:

  1. Wah recommended banget ya ce treatment di Kerastase Ritual ini ya...jadi pengen tratment juga di ditu . Tempatnya bagus nyamn dan rapi ya

    ReplyDelete