September 26, 2016

Laser and Light Treatment at JPP Skin Laser Clinic


Beberapa hari yang lalu, aku mengunjungi JPP Skin Laser Clinic di Central Park Mall untuk melakukan Laser and Light Treatment. Sesuai dengan namanya, JPP Skin Laser Clinic adalah klinik estetika yang berspesialisasi pada perawatan laser untuk meningkatkan kecantikan alami dan natural, dimana pengerjaannya langsung dilakukan oleh dokter-dokter profesional. JPP Skin Laser Clinic menawarkan perawatan laser dan sinar yang cepat, efektif, serta sangat aman tanpa meninggalkan bekas luka dan menimbulkan efek samping.



Permasalahan kulit wajah yang paling sering dialami umumnya disebabkan oleh Jerawat, Pori-pori, dan Pigmentasi. Karena itulah JPP Skin Laser Clinic hadir untuk membantu dalam mengatasi masalah pada kulit wajah tersebut:
1. Jerawat
Jerawat disebabkan oleh sekresi lebih dari sebum dan penyumbatan folikel. Penyebab lainnya karena ketidakseimbangan hormon, stres dan diet. Banyak orang yang mengalami ketidakpercayaan diri, khawatir, cemas dan depresi karena kondisi jerawat mereka. Mereka yang memiliki jerawat sedang sampai berat atau jerawat kronis dapat menjalani perawatan laser untuk membasmi bakteri dan merangsang pertumbuhan kolagen. 

2. Pori-pori
Pori-pori tampak lebih besar karena semakin bertambahnya usia dan kulit yang mulai melorot. Ukuran pori-pori merupakan perhatian terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi. Mengurangi produksi sebum membantu dalam mengurangi masalah pori-pori yang besar. Ketika tidak diobati, pori-pori ini dapat menjadi lebih besar dan dapat dengan mudah tersumbat, lalu pada akhirnya menyebabkan komedo, jerawat dan warna kulit yang tidak merata. Perawatan laser dapat membantu untuk memperkecil ukuran pori-pori, meratakan warna kulit dan menyeimbangkan produksi sebum.

3. Pigmentasi
Kulit mendapatkan warnanya terutama dari melanin, pigmen yang diproduksi oleh sel melanosit di kulit. Kulit yang lebih gelap menandakan semakin banyak melanin yang dikandungnya. Bintik-bintik pada kulit juga menunjukkan konsentrasi pigmen yang lebih tinggi di daerah tertentu. Pigmentasi dapat muncul karena hormon perubahan atau paparan sinar UV dari matahari. Perawatan laser mampu untuk menghilangkan bintik-bintik pigmen gelap tersebut tanpa merusak permukaan kulit atau mempengaruhi daerah di sekitarnya.






JPP Skin Laser Clinic di Central Park Mall hanya memiliki 1 ruang treatment yang di dalamnya terdapat 4 ranjang untuk melakukan perawatan. Masing-masing ranjang terpisah oleh sekat berupa tirai-tirai dengan jarak dari 1 ranjang ke ranjang lainnya tidak terlalu lebar. Mungkin karena klinik ini terletak di dalam mall sehingga ruangannya pun sangat terbatas.




Untuk Laser and Light Treatment sendiri terbagi menjadi 5 tahap, antara lain:
1. Persiapan (Preparation)


Pertama-tama, beauty therapist nya akan memakaikan hair cap, lalu membersihkan wajah dari kosmetik, minyak dan kotoran yang ada.

2. Pemeriksaan Kondisi Kulit (Consultation)
Dokter yang jaga pada saat itu akan mengecek kondisi kulit kita serta menanyakan apakah wajah kita terdapat filler atau melakukan botox sebelumnya. Setelah itu, ia juga akan menjelaskan tindakan seperti apa yang akan diberikan kepada kita. Berhubung aku pernah melakukan laser treatment di klinik lain, jadi aku sudah memiliki gambaran tentang treatment ini.

3. Laser Treatment
Sebelum proses dimulai, mata akan ditutup terlebih dahulu dengan kacamata khusus agar terlindung dari sinar laser. Lalu, dokter akan mengetes dosis dari lasernya di punggung tangan kita supaya tidak terkejut saat laser ditembakkan ke wajah. Saat kekuatan laser dirasa sudah pas, barulah laser ditembakkan langsung ke kulit wajah tanpa ada perantara gel atau krim apapun. Karena kulit wajahku bukan tipe yang berjerawat, jadi laser treatment ini lebih difokuskan untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan bekas luka yang ada. 



Rasa yang timbul saat laser mengenai wajah adalah sensasi hangat dan seperti sedang digigit semut, tetapi tidak sakit sama sekali. Namun, akan timbul bau seperti gosong pada saat laser ditembakkan. Hal itu dikarenakan rambut-rambut halus di sekitar wajah kita akan terbakar saat dilaser. Awalnya rambut-rambut tersebut akan memutih, kemudian akan rontok perlahan-lahan. 

Perawatan di JPP Skin Laser Clinic merupakan perawatan non invasive, artinya tidak melukai permukaan kulit dan tidak melalui proses pembedahan. Laser yang digunakan pun menggunakan energi fotoakustik yang cepat, nyaman, dan efektif dalam merangsang kolagen. Laser treatment ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan kotoran di wajah saja, tetapi juga menghilangkan pigmentasi gelap pada lapisan epidermis. Selain itu, laser treatment ini juga membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lebih cerah karena rontoknya rambut-rambut halus di sekitar wajah.

4. Light Treatment
Setelah Laser Treatment selesai, lalu akan dilanjutkan dengan Light Treatment yang dilakukan oleh seorang beauty therapist. Pertama-tama wajah akan diolesi cooling gel terlebih dahulu yang berfungsi sebagai mediator. Setelah cooling gel merata, barulah sinar ditembakkan. Rasa yang ditimbulkan dari light treatment ini adalah sensasi hangat dan agak silau walaupun sudah memakai kacamata pelindung. Tujuan dari light treatment ini adalah untuk merangsang pembentukan kolagen serta meningkatkan warna kulit agar terlihat bercahaya dan bersinar.


5. Post Treatment
Wajah akan diberi pelembab dan sunblock seusai treatment untuk menjaga dan melindungi kulit yang telah di-treatment dengan laser. Selain itu, wajahku juga disemprot dengan Avène Thermal Spring Water sehingga wajah terasa amat segar.




Di foto setelah treatment, terlihat jelas bukan kalau wajahku tampak lebih cerah, bercahaya, dan bersinar? Selain itu, tidak ada bekas kemerahan yang ditimbulkan seusai Laser and Light Treatment ini.


Mulai dari membersihkan wajah di tahap 1 hingga penggunaan pelembab dan sunblock di tahap 5, JPP Skin Laser Clinic menggunakan produk-produk dari Avène. Bahkan produk-produk Avène juga dijual secara khusus di setiap JPP Skin Laser Clinic. Bagi yang belum tahu, Avène merupakan merek produk perawatan kulit berjenis dermo-kosmetik, yaitu produk yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif dan alergi sekalipun karena mengandung air thermal spring water, yaitu air yang yang disarankan oleh para ahli dermatologi di seluruh dunia karena kandungannya yang mampu meredakan keluhan berbagai masalah kulit. Avène adalah merek perawatan kulit nomor satu di Perancis dan nomor dua di Eropa.

Keseluruhan dari Laser and Light Treatment di JPP Skin Laser Clinic hanya berlangsung sekitar 10-15 menit saja. Namun, hasilnya sudah terlihat hanya dengan 1 kali treatment, yaitu kulit wajah menjadi lebih halus serta tampak bersinar dan bercahaya. Beberapa hari kemudian, bekas-bekas luka juga terlihat memudar dan pori-pori pun tampak mengecil. Yang paling penting, treatment di JPP Skin Laser Clinic tidak memerlukan downtime alias wajah menjadi merah, bengkak ataupun tampak kehitaman setelah laser sehingga membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula. Bahkan, kita dapat langsung menggunakan makeup dan melanjutkan aktivitas seperti biasa seusai treatment. Hanya 1 saran dari dokter yaitu selalu menggunakan sunblock kemanapun kita pergi.

Biaya dari Laser and Light Treatment ini adalah sebesar Rp 1.200.000,-/treatment. Akan tetapi, JPP Skin Laser Clinic juga memiliki paket-paket sehingga harganya menjadi lebih murah. Untuk treatment dengan harga tersebut, biasanya produk yang digunakan selama perawatan adalah Cetaphil. Jika ingin menggunakan produk-produk dari Avène, maka akan dikenakan charge sebesar Rp 50.000,-.




JPP Skin Laser Clinic
Central Park Mall

Jl. Let. Jend. S.Parman Kav. 28
LG Floor - 228 (West Tunnel)
Phone: 021-2920-0393

Operating Hour: Everyday 10am - 10pm
Email: info@jppskinlaserclinic.com
Instagram: @jppskinlaserclinic




LOVE,

Yenni Tanoyo

3 comments:

  1. Setelah di teratment wajah cece jadi lebih cerah dan lebih tirus ya ce...

    ReplyDelete
  2. apa benar pori-porinya jadi mengecil ga ? minta foto close up nya dong.

    ReplyDelete
  3. wah, perawatan di klinik kecantikan kulit jadi makin mulus :D

    ReplyDelete