April 29, 2016

Korean Beauty Campaign for Sephora Indonesia [Review + Tutorial]

Di bulan April 2016 ini, Sephora mengkampanyekan tentang Korean Beauty sebagai tema bulanannya. Dan aku sangat excited karena menjadi salah satu yang turut serta dalam kampanye tersebut. 


The secret to achieve Korea's coveted dewy look starts with mastering the complexion. Once you nail that base, all you need is to throw on some bright playful colours to complete the signature Korean look!

Sephora mengirimkanku Korean Beauty Box yang berisi beberapa produk, dimana aku bebas untuk menciptakan Korean-inspired look versiku.




Tren makeup ala Korea memang masih sangat disukai oleh wanita Indonesia hingga saat ini. Sebut saja deretan artis Korea, seperti Song Hye Kyo, Yoona, IU dan lainnya yang memiliki kecantikan fisik yang sangat sempurna dan nyaris tanpa cela meski dengan menggunakan riasan yang minimalis dan natural. Terlepas dari adanya kontroversi operasi plastik yang sering dilakukan oleh orang Korea, tetap saja kita perlu mengapresiasi keunggulan makeup ala Korea.

Bicara mengenai riasan wajah yang natural dan tidak berlebihan, kunci yang terpenting adalah pada kulit wajah itu sendiri. Ketika kulit wajah mulus tanpa noda, maka dengan sedikit aplikasi makeup pun sudah cukup. Selain itu, yang tak kalah pentingnya juga adalah base makeup yang digunakan. Wanita Korea menyukai tampilan yang dewy look, yaitu tampilan makeup yang memberikan efek basah, lembab dan berkilau. Mereka tidak suka dengan wajah yang matte.

Untuk menjelaskan mengenai makeup Korea yang dewy look, aku akan sharing step-by-step nya lewat tutorial di bawah ini.

1. Gunakan Masker
Sebelum mengaplikasikan makeup, terkadang aku menggunakan masker terlebih dahulu agar makeup dapat menempel secara lebih sempurna di kulit kita. Untuk jenis maskernya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Aku menggunakan DR. JART+ Dermask Clean Up Pore Minimizer karena pori-poriku di sekitar hidung terbilang cukup besar dan kulit wajahku cenderung oily.



Masker ini adalah satu-satunya rangkaian masker Dermask yang berwarna hitam, memiliki fungsi untuk mengangkat minyak dan kotoran pada pori-pori, serta mengencangkan kulit. Masker ini memiliki tiga lapisan yaitu:
- Sulfur untuk mengontrol sebum
- Morocco Gaseul untuk menghilangkan sebum berlebih
- Charcoal untuk mengencangkan pori-pori


Cara penggunaan: setelah memakai toner, aplikasikan masker ini selama 15-20 menit, lalu tepuk secara ringan agar serum menyerap ke dalam kulit.


Setelah menggunakan masker ini, kulit tampak lebih cerah, terasa lebih kenyal, serta pori-pori juga terlihat mengecil.

2. Aplikasikan Skincare
Wanita Korea sangat telaten dalam menggunakan rangkaian skincare, seperti serum, pelembab, dan sunscreen untuk memberi efek wajah yang lebih cerah dan fresh. Prinsip mereka, jika base makeup sudah bagus, maka warna-warna makeup di mata dan bibir hanya sebagai pendukung saja.

3. Aplikasikan Foundation / BB Cream
Untuk memberikan kesan yang natural, aku menggunakan Sephora Brightening & Hydrating Foundation secara tipis-tipis saja. Tapi kalau untuk pemakaian sehari-hari, bisa juga menggunakan BB Cream.

Hydrates all day long, brightens and smoothes for a fresh & luminous complexion. Oil free (formulated without mineral oil). Long lasting. Dermatologically tested. Non comedogenic. Fragrance free.
Foundation ini dikemas dalam sebuah botol yang tebal dan simple, serta menggunakan pump untuk mengeluarkan isinya. Aku sangat suka dengan penggunaan pump seperti ini karena dapat mengontrol keluarnya foundation saat pemakaian serta lebih higienis.



Shade yang aku pilih adalah Cream (20) dan warnanya sangat sesuai dengan warna kulit wajahku. Tekstur dari foundation ini tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu kental. Jadi, sewaktu diaplikasikan ke wajah terasa ringan seperti tidak memakai foundation.



Dalam mengaplikasikan foundation, aku suka menggunakan foundation brush karena selain dapat menghasilkan coverage yang lebih flawless, juga dapat menjangkau area seperti di dekat hidung dan di bawah mata.



Foundation ini memberikan hasil yang dewy finish dan tingkat coverage nya adalah medium, cukup menutupi warna gelap pada bagian bawah mata serta kemerahan di sekitar hidung. Foundation ini juga sangat mudah diblend dengan kulit serta bertahan cukup lama.



4. Aplikasikan Concealer & Shading (Optional)
Aku menambahkan concealer dan shading di beberapa bagian wajah secara tipis-tipis. Untuk concealer aku aplikasikan sedikit di bawah mata, tulang alis, hidung, bagian atas dan bawah bibir untuk menutupi lingkar gelap, kemerahan, dan bintik hitam. Sementara untuk shading, aku aplikasikan di hidung dan bagian pipi untuk memberikan ilusi/bayangan yang dapat membentuk dimensi wajah.



5. Set dengan Bedak Tabur
Glowy skin bukan berarti wajah berminyak. Untuk itu, aku mengunci makeup yang telah dilakukan sebelumnya dengan bedak tabur, khususnya untuk area yang diberi concealer dan shading tadi.



6. Gambar Alis
Wanita Korea umumnya menyukai alis yang lurus dan tidak ada lengkungannya, serta berwarna lebih muda daripada warna rambut. Alis yang demikian dapat membuat penampilan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya, lho! Karena rambutku berwarna hitam, aku menggunakan pensil alis Sarange Jaljinae Auto Pencil yang berwarna dark brown.



Pensil alis ini berbentuk ramping dan ujung pensilnya menyerupai bentuk segitiga miring, sehingga sangat mudah sewaktu digunakan untuk menggambar. Dalam menggunakannya tinggal diputar saja, tidak perlu diserut terlebih dahulu.


Dalam sebuah batang pensil alis ini dilengkapi pula dengan brush untuk menyikat dan meratakan alis agar hasilnya lebih natural. Helaian brush nya pun sangat lembut.


Penggunaannya sangat mudah dan memberikan hasil warna yang natural.




7. Aplikasikan Eyeshadow
Wanita Korea umumnya mengaplikasikan eyeshadow hanya dengan menggunakan 1 warna saja (paling banyak 2 warna), dimana warna-warna yang digunakan adalah warna soft, seperti soft pink, beige, gold, dan lain-lain. Aku menggunakan Sephora Colorful Eyeshadow dengan shade Sunday Brunch (81)



Eyeshadow ini diklaim mampu bertahan lama hingga 10 jam, mengandung white tea extract yang melembabkan dan mengandung antioksidan yang melindungi dari polusi dan penuaan akibat paparan sinar matahari.


Aku sangat suka dengan tekstur dari eyeshadow ini, sangat lembut, tercampur rata, dan tidak streakyEyeshadow ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan ke kelopak mata. Biasanya, aku membaurkan eyeshadow dengan menggunakan blending brush.


8. Aplikasikan Mascara
Untuk mengakhiri eye makeup, aku menggunakan sample dari Sephora Outrageous Curl Mascara yang aku dapatkan saat Grand Opening Sephora di Plaza Senayan. Aku mengaplikasikan mascara di bulu mata bagian atas dan bawah. Tapi kalau menginginkan mata yang terkesan lebih dramatis, penggunaan bulu mata palsu dapat dilakukan.


9. Aplikasikan Blush On
Penampilan yang fresh juga didukung dengan rona pipi yang bersemu merah. Pilih warna-warna yang soft agar terlihat natural, seperti baby pink, coral, dan soft orange.


10. Aplikasikan Lipstick
Untuk menyempurnakan tampilan ala Korea, aku menggunakan Sarange Nikkeoya Lipstick dengan warna pink violet yang sangat cantik.


Tekstur dari lipstick ini sangat lembut dan memiliki efek shimmer. Selain itu, packaging nya terlihat sangat elegan dengan cetakan nama lipstick yang sesuai dengan warna lipstick nya sendiri.


Lipstick ini memiliki pigmentasi warna yang medium dan bertahan lama di bibir tanpa memberikan rasa lengket. Selain itu, lipstick ini sangat moisturizing dan tidak membuat bibir kering. Sarange Nikkeoya Lipstick menjadi salah satu lipstick favoritku saat ini.


Semua produk yang aku gunakan di atas bisa dibeli secara online via www.sephora.co.id dan dapatkan Free Delivery untuk pembelian di atas Rp 200.000,-.

Final Result










LOVE,
Yenni Tanoyo 

3 comments:

  1. Blognya bermanfaat banget kk.. Aku suka makeup korean look kk 😍

    ReplyDelete
  2. cantik banget ce kalau di kuncir 2 begitu baby fish ce. Cute banget cece

    ReplyDelete